Siaga Bencana Bersama PMR SMK Amanah Husada Pemalang


0
1 share

Pemalang – Minggu, 21 Oktober 2018 Palang Merah Remaja Unit SMK Amanah Husada Pemalang bekerja sama dengan PMI Kabupaten Pemalang dengan materi; Pertolongan Pertama, Ayo siaga bencana dan Donor darah. Acara yang di gelar rutin tahunan pelatihan PMR wira (Tingkatan SMK/SMA) di Laboratorium Keperawatan dari pukul 09.00-14.00 wib.
“Anggota yang tergabung dalam PMR wira sebagai wadah pembinaan dan pengembangan individu, merupkan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan dibidang kesehatan dan siaga bencana. Adapun fungsi PMR wira sebagai Peer Educator, yaitu pendidik sebaya keterampilan hidup sehat” ujar Nur Efendi, S.kep. Ners pembina PMR SMK Aha
Senada kemudian kata pembina “Basic sekolah kami adalah SMK Kesehatan, jadi wajib bagi kelas X untuk ikut dalam kegiatan Tri Bakti PMR. Yaitu, Meningkatkan keterampilan hidup sehat, berkarya dan berbakti di masyarakat, mempererat persahabatan nasional dan internasional.” Lanjut Efendi.
Sedangkan dari pemateri menyampaikan, “keterlibatan anggota PMR dalam kegiatan kepalang merahan merupakan karya dan bakti nyata setelah mengikuti pelatihan serta pengakuan terhadap keberadaan dan kompetensi dalam meningkatkan kualitas anggota dan organisasi, serta memberikan jawaban atas berbagai minat bergabungnya remaja dengan PMI.” Ujar Pipit narasumber dari PMI pemalang
Materi yang di simulasikan pertolongan pertama kepada korban bencana. Ada 6 siswa yang melakukan simulasi dan semua peserta lain yang berjumlah 40 siswa tampak serius dalam meyaksikan peragaan tersebut.
“Jenis bencana ini dipilih dan disimulasikan karena wilayah pemalang potensi terjadi bencana longsor dan banjir, sehingga anggota PMR punya pembelajaran apabila terjadi bencana semacam ini dilingkungan mereka bisa sigap dalam penanganan.”
Senada kemudian pipit menjelaskan “Baik secara teori dan praktik kepada seluruh peserta dan yang hadir bagaimana membantu orang yang terkena musibah, namun untuk menjadi relawan harus memiliki kemampuan medis dasar dalam memberikan pertolongan pertama, sesuai dengan UU yang berlaku.” (Kontributor berita, Imam Santoso)


Like it? Share with your friends!

0
1 share

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format